lanjutan soal kisi-kisi FISIKA start from 7

Senin, 06 Desember 2010


7.  Percepatan gravitasi pada permukaan bumi adalah 10m/s2. Anggaplah bumi dan planet berbentuk bola dengan massa jenis homogen. Tentukan percepatan gravitasi pada planet yang memiliki massa sama dan massa jenis tiga kali dari bumi.

8. Benda P(4kg) berada pada jarak 5m dari benda Q(9kg), sedangkan benda R(6kg) berada di antara benda P dan Q. Jika Gaya gravitasi pada benda R sama dengan nol, maka tentukan jarak antara benda P dan Q.

9. Dua buah planet P dan Q mengorbit mengitari matahari. Perbandingan antara jarak planet P dan planet Q ke matahari adalah Rp:Rq=1:5. Apabila periode planet P mengelilingi matahari adalah 100 hari, maka tentukan periode planet Q.

10. Sebuah balok yang massanya 8kg ditempatkan pada bidang datar dan padanya bekerja gaya dalam arah horizontal 40 N. bila koefisien gesekan sinetis antara balok dan alasnya 0,3 dan g= 1o ms-1, maka tentukan percepatan balok yang dialami balok.

11. Sebuah mobil massanya 800kg bergeraj dengan kecepatan tetap 36 km/jam, tiba-tiba direm sehingga berhenti setelah menempuh jarak 20 m. bila g= 10ms-1, maka tentukan koefisien gesekan kinetis antara ban mobil dan jalan.

12. Seorang pemain ski meluncur dari keadaan diam menuruni suatu bidang miring dengan sudut kemiringan 300 terhadap horizontal. Bila koefisien gesekan kinetis antara sepatu pemain ski dan permukaan es 0,2 dan g=10m/s, maka tentukan percepatan pemain ski menuruni bidang.

13. Koefisien gesekan statis antara sebuah benda bermassa 2kg dengan lantai kasar suatu bak truk sebesar 0,5. Jika g=10ms-2, maka percepatan maksimum yang masih boleh dimiliki truk agar benda tetap tak bergerak terhadap bak truk adalah … m/s.

14. Sebuah sepeda motor melaju pada tikungan horizontal yang jari-jari tikungannya 8m. bila koefisien gesekan statis antara ban dengan jalan 0,6 dan g= 10m/s. maka tentukan kecepatan maksimum yang diperkenankan supaya motor tidak tergelincir.

15. Seorang insinyur diminta untuk merancang sebuah belokan jalan tol, persyaratannya adalah walaupun kondisi jalan sangat licin mobil dapat membelok dengan batas kelajuan 72 km/jam tanpa slip. Bila kemiringan belokan bernilai tan teta =4/5 dan g=10m/s. maka jari-jari belokan yang harus dibuat adalah…

16. Sebuah mobil bermassa 4ton melewati sebuah tikungan jalan dengan jari jari kelengkungan 40m dan kemiringan jalan 370(tan teta=4/5). Bila koefisien gesekan statis ban dengan jalan 7/24, dan g= 10m/s, maka keceptan maksimal mobil yang diperbolehkan agar tidak tergelincir.

17. Sebuah benda melakukan gerak harmonic dengan persamaan simpangannya y=8sin(20t)0, (y dalam cm, dan t dalam second). Hitung kecepatan getaran benda itu pada detik ke 8.

18. Sebuah partikel sedang bergerak harmonic sederhana pada suatu garis lurus. Ketika jarak partikel dari titik keseimbangan memiliki nilai 8cm dan 8akar3, nilai kecepatannya masing-masing adalah akar6 cm/s dan 2 cm/s. Tentukan amplitude gerak harmonic ini.

19. Pegas-pegas keempat roda sebuah mobil kecil bergetar naik turun dengan periode akar3 sekon ketika melalu suatu lubang di jalanan. Massa mobil dan pengemudi adalah 400 kg. jika pengemudi sekarang menaikkan beberapa temannya, sehingga massa total mobil dan penumpang adalah 1000kg, maka tentukan periode mobil itu sekarang.

20. sebuah partikel melakukan gerak harmonic dengan frekuensi 10hz dan amplitude 20 cm. tentukan kecepatan partikel pada saat berada pada simpangan 12 cm.

21. 4 buah pegas memiliki konstanta pegas yang sama. Kemudian dua pegas dihubungkan secara seri dan disebut pegas A, sementara 2 pegas yang lain dihubungkan paralel dan disebut pegas B. Jika keduanya diberikan beban yang sama maka perbandingan frekuensi getar A dan B adalah…

22. Dua benda bermassa m1=30 kg dan m2=8kg memiliki energy kinetic sama besar. Jika benda m1 bergerak dengan kelajuan 10m/s, maka tentukan kelajuan benda m2.

23. Mobil mainan bermassa 3 kg terletak pada bidang horizontal yang licin. Pada mobil itu, bekerja gaya konstan 9N berarah horizontal dan memiliki kecepatan awal 10m/s searah gaya. Tentukan kecepatan mobil setelah berpindah sejauh 50 m.

24. Sebuah benda bermassam 8400 gram jatuh dari ketinggian 100 m. jika seluruh energy potensial benda dapat diubah menjadi kalor (1 kalori=4,2 joule), maka energy kalor yang terjadi adalah… (kalori)

25. Amir memukul paku dengan palu bermassa 2kg dengan kelajuan 9m/s sehingga paku masuk 3cm ke dalam kayu, tentukan gaya rata-rata tahanan kayu terhadap paku akibat pukulan palu tersebut…

26. Sebuah pegas yang tergantung tanpa beban panjangnya 30cm. kemudian ujung kawat pegas digantungi beban 200 gram sehingga panjang pegas menjadi 40 cm. jika beban tersebut ditarik ke bawah sejauh 6cm, dan percepatan gravitasi bumi 10m/s2. Maka tentukan energy potensial elastic pegas tersebut.

27. Sebuah peti seberat 50 N mulai dari keadaan diam meluncur ke bawah suatu bidang miring kasar sepanjang 0.6 m. bidang mring membentuk 300 terhadap horizontal dan gaya gesekan antara peti dan bidang adalah 8N. tentukan kelajuan peti ketika tiba di dasar bidang miring.

SEMANGAT KAWAN2! KITA PASTI BISA!
(timses fisika)

2 komentar:

Nazofatullidya mengatakan...

terima kasih banyak :)

anka mengatakan...

sankyuu :)

Posting Komentar

Followers

Mengenai Saya

Simple Class with thousands of unique students inside
Diberdayakan oleh Blogger.

Find