Sedikt Bahan TIK

Sabtu, 11 Desember 2010

Kawan" tunas harapan bangsa, setelah mencari beberapa saat
saya selaku TimSes TIK berhasil menemukan sedikit bahan yang kiranya dapat dibaca dan mudah"an masuk dalam US kita *amin
Pelajari yo, tapi jangan diapali nian DIMENGERTI!!!!
Semangat kawan"!!!!


~ Server
Komputer yang bertugas sebagai pelayan jaringan.
Server mengatur lalu lintas data dalam sebuah jaringan dan menyediakan resource yang dapat dipakai oleh komputer lain yang terhubung dalam jaringannya. Server merupakan piranti khusus dalam jaringan komputer yang menjadi tempat bagi semua nodes di dalam jaringan untuk bisa melakukan resource sharing. Server melayani semua nodes, jika nodes membutuhkan. Server ada beberapa macam, yaitu: printer server, file server, disk server, dan database server. Server bisa bersifat dedicated, artinya server tidak bisa dipergunakan sebagai nodes untuk komunikasi, ada juga yang bersifat non-dedicated, yaitu selain berfungsi sebagai server juga dapat dipergunakan sebagai titik masuk untuk berkomunikasi di dalam jaringan. Cara seperti ini populer dengan istilah client-server.

~ www
World Wide Web atau WWW atau singkatnya web adalah nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser.

~ HTTP
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.

~ web
Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponent atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi. Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:
1. Website Statis
2. Website Dinamis
3. Website Interaktif
Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari website tersebut.
Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.
Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak keluar jalur.

~ browser
Apa itu Browser ?
Browser adalah software aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan, mengambil dan menginformasikan sumber-sumber yang berasal dari World Wide Web (www).
Secara sederhana browser bisa kita definisikan sebagai sebuah alat bantu yang terinstall pada suatu komputer yang membantu kita untuk menampilkan sumber informasi dari internet.
Browser ini menjadi sangat penting bagi aktifitas internet, oleh karenanya muncul istilah browsing, apa itu browsing? browsing adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan aktifitas seseorang ketika menjelajahi sebuah situs.
Web Browser dapat kita bagi kedalam beberapa jenis, yaitu :
1. Web browser for PC, artinya browser yang bisa diinstalkan dan digunakan pada komputer PC/Laptop
2. Web Browser for Mobile, artinya browser yang khusus digunakan pada perangkat moblie seperti : PDA, HP dan sejenisnya.
Untuk web browser PC, ada beberapa kategori lagi, yaitu :
1. Web Browser for Windows yaitu, web browser yang bisa di instal dan digunakan pada OS Windows
2. Web Browser for Linux yaitu, web browser yang bisa di install dan digunakan pada OS Linux
3. Web Browser for Mac yaitu, eb browser yang bisa di install dan digunakan pada OS Machintos

~ DNS
Domain Name System (DNS)
Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama
komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control
Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web
browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address.
Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet
dimana DNS memiliki keunggulan seperti:
1. Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address
sebuah komputer cukup host name (nama Komputer).
2. Konsisten, IP address sebuah komputer bisa berubah tapi host name tidak berubah.
3. Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di
Intranet.
-Secara garis besar pembagian domain dunia memakai dua jenis. Yang pertama berdasarkan jenis institusi, antara lain :
.com untuk organisasi komersial
.org untuk organisasi non-komersial
.edu untuk institusi pendidikan
.gov untuk organisasi pemerintahan
.mil untuk kalangan militer
.net untuk penyelenggara jasa internet
-Jenis pembagian kedua adalah berdasarkan negara , misalnya indonesia adalah .id. Sebenarnya domain negara akan digagi lagi menjadi sub-domain berdasarkan jenis institusi. Kita ambil contoh untuk negara kita ,domain id dibagi lagi menjadi beberapa subdomain, antaralain :
.co.id  contoh : republika.co.id
.ac.id  contoh : itb.ac.id
.or.id  contoh : linux.or.id
.go.id  contoh : depnaker.go.id
.mil.id contoh : kopassus.mil.id

~ HTML
HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language adalah file teks atau file ASCII yang berisi instruksi/script kepada web browser untuk menampilkan suatu tampilan grafis dari sebuah halaman web. Didalam file HTML terdapat beberapa "tag" atau kode-kode yang dimengerti oleh web browser dan dapat menampilkannya di layar monitor. HTML bisa disebut bahasa yang digunakan untuk menampilkan dan mengelola hypertext.

~ URL
URL merupakan kepanjangan dari Uniform Resource Locator. Yang merupakan format rangkaian karakter yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di internet.

~ search engine
Search engine adalah program yang digunakan untuk mencari informasi di lingkungan (realm) tertentu dan menyimpannya dalam database. Istilah ini seringkali terlalu dikaitkan dengan Internet search engine, yakni search engine yang didisain khusus untuk pencarian informasi di Internet. Sebenarnya search engine bisa juga dimanfaatkan untuk pencarian konten offline seperti misalnya katalog perpustakaan, konten hardisk di komputer pribadi, atau katalog koleksi museum dsb. Search engine membantu kita mengorganisir dan menampilkan informasi sedemikian rupa sehingga informasi tsb mudah diakses.
Ada tiga hal menyangkut search engine: crawling, indexing, dan searching. Sewaktu crawling, search engine mencari konten baru yang tidak ditemukan pada crawl terakhir, termasuk update file dan halaman web. Kemudian ia mengindex informasi yang didapat, mengambil keyword lalu mengelompokkannya. Di Internet misalnya, indexing sangat dipengaruhi oleh keyword dan meta tag yang menyediakan informasi mengenai halaman web.
Jika informasi sudah diindex, informasi mengenai bagaimana cara mengakses informasi tsb kemudian disimpan dalam database. Sebagian search engine juga membuat “cache” agar pengambilan informasi ketika diperlukan menjadi lebih mudah. Ketika kita melakukan pencarian, search engine kemudian menampilkan hasil yang diperluas berdasar relevansinya. Pencarian “apel” misalnya, akan memunculkan hasil mengenai hal-hal yang berkaitan dengan apel, termasuk misalnya, “apa itu apel?” demi kenyamanan pengguna.
Walau semua search engine bekerja dengan cara serupa tetapi kegunaannya bisa cukup bervariasi. Search engine didasarkan pada algoritma kompleks untuk menentukan relevansi hasil pencariannya, terutama hasil pencarian keyword-keyword generik. Pengguna cenderung lebih menyukai search engine yang menampilkan hasil pencarian seperti yang mereka harapkan. Google, Yahoo, Lycos dan Altavista misalnya, berlomba melengkapi fitur masing-masing search engine-nya agar hasil pencarian yang ditampilkan lebih relevan dan lebih disukai penggunanya.
Google menjadi sangat terasosiasi dengan proses web search sehingga pencarian di web kini diistilahkan dengan “googling”. Google sendiri sebenarnya tidak terlalu menyukasi hal ini karena khawatir penggunaan huruf kecil pada penyebutan nama perusahaannya, dan penggunaannya secara generik dapat mengurangi nilai jual.

~ jenis format gambar
Memilih tipe dan memperkecil ukuran gambar
Jika kita menyimpan gambar dengan program pengolah gambar seperti Adobe Photoshop atau Microsoft Paint, maka kita dapat memlilih format gambar yang sesuai melalui menu File -> Save As dan pilih tipe file yang kita inginkan. Khusus untuk Adobe Photoshop ada feature tambahan yang lebih baik lagi dengan menu File -> Save For Web. Dengan Adobe Photoshop ini, selain dapat memilih tipe gambar, kita juga dapat mengatur kompresi dan kualitas gambar. Berikut ini tipe-tipe gambar yang sering digunakan.

A. BMP (Bitmap)
Tipe file BMP umum digunakan pada sistem operasi Windows dan OS/2. Kelebihan tipe file BMP adalah dapat dibuka oleh hampir semua program pengolah gambar. Baik file BMP yang terkompresi maupun tidak terkompresi, file BMP memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada tipe-tipe yang lain.

FILE BMP COCOK DIGUNAKAN UNTUK:
-desktop background di windows.
-sebagai gambar sementara yang mau diedit ulang tanpa menurunkan kualitasnya.

FILE BMP TIDAK COCOK DIGUNAKAN UNTUK:
-web atau blog, perlu dikonversi menjadi JPG, GIF, atau PNG.
-disimpan di harddisk/flashdisk tanpa di ZIP/RAR, kecuali space tidak masalah bagi Anda.

B. JPG/JPEG (Joint Photographic Experts Group)
Tipe file JPG sangat sering digunakan untuk web atau blog. File JPG menggunakan teknik kompresi yang menyebabkan kualitas gambar turun (lossy compression). Setiap kali menyimpan ke tipe JPG dari tipe lain, ukuran gambar biasanya mengecil, tetapi kualitasnya turun dan tidak dapat dikembalikan lagi. Ukuran file BMP dapat turun menjadi sepersepuluhnya setelah dikonversi menjadi JPG. Meskipun dengan penurunan kualitas gambar, pada gambar-gambar tertentu (misalnya pemandangan), penurunan kualitas gambar hampir tidak terlihat mata.

FILE JPG COCOK DIGUNAKAN UNTUK:
-gambar yang memiliki banyak warna, misalnya foto wajah dan pemandangan.
-gambar yang memiliki gradien, misalnya perubahan warna yang perlahan-lahan dari merah ke biru.

FILE JPG TIDAK COCOK DIGUNAKAN UNTUK:
-gambar yang hanya memiliki warna sedikit seperti kartun atau komik.
-gambar yang memerlukan ketegasan garis seperti logo.

C. GIF (Graphics Interchange Format)
Tipe file GIF memungkinkan penambahan warna transparan dan dapat digunakan untuk membuat animasi sederhana, tetapi saat ini standar GIF hanya maksimal 256 warna saja. File ini menggunakan kompresi yang tidak menghilangkan data (lossles compression) tetapi penurunan jumlah warna menjadi 256 sering membuat gambar yang kaya warna seperti pemandangan menjadi tidak realistis. Pada program MS Paint, tidak ada fasilitas penyesuaian warna yang digunakan (color table) sehingga menyimpan file GIF di MS Paint seringkali menghasilkan gambar yang terlihat rusak atau berubah warna. Pada program pengolah gambar yang lebih baik, seperti Adobe Photoshop, color table bisa diatur otomatis atau manual sehingga gambar tidak berubah warna atau rusak.

FILE GIF COCOK DIGUNAKAN UNTUK:
-gambar dengan jumlah warna sedikit (dibawah 256).
-gambar yang memerlukan perbedaan warna yang tegas seperti logo tanpa gradien.
-gambar animasi sederhana seperti banner-banner iklan, header, dan sebagainya.
-print shoot (hasil dari print screen) dari program-program simple dengan jumlah warna sedikit.

FILE GIF TIDAK COCOK DIGUNAKAN UNTUK:
-gambar yang memiliki banyak warna seperti pemandangan.
-gambar yang didalamnya terdapat warna gradien atau semburat.


D. PNG (Portable Network Graphics)
Tipe file PNG merupakan solusi kompresi yang powerfull dengan warna yang lebih banyak (24 bit RGB + alpha). Berbeda dengan JPG yang menggunakan teknik kompresi yang menghilangkan data, file PNG menggunakan kompresi yang tidak menghilangkan data (lossles compression). Kelebihan file PNG adalah adanya warna transparan dan alpha. Warna alpha memungkinkan sebuah gambar transparan, tetapi gambar tersebut masih dapat dilihat mata seperti samar-samar atau bening. File PNG dapat diatur jumlah warnanya 64 bit (true color + alpha) sampai indexed color 1 bit. Dengan jumlah warna yang sama, kompresi file PNG lebih baik daripada GIF, tetapi memiliki ukuran file yang lebih besar daripada JPG. Kekurangan tipe PNG adalah belum populer sehingga sebagian browser tidak mendukungnya.

FILE PNG COCOK DIGUNAKAN UNTUK:
-gambar yang memiliki warna banyak.
-gambar yang mau diedit ulang tanpa menurunkan kualitas.

FILE PNG TIDAK COCOK DIGUNAKAN UNTUK:
-gambar yang jika dikompress dengan JPG hampir-hampir tidak terlihat penurunan kualitasnya.

E. Raster vs Vektor
Semua tipe file gambar yang disebutkan di atas (BMP, JPG, GIF, dan PNG) termasuk jenis gambar raster (atau disebut juga Bitmap). Gambar raster terdiri dari titik-titik pixel yang jumlahnya tetap. Jika diperbesar, baik di-zoom atau diubah ukuran gambarnya, gambar akan terlihat pecah atau tidak sebagus aslinya. Jenis gambar yang lain adalah gambar vektor. Gambar vektor terdiri dari garis, bentuk, bidang, dan warna yang dituliskan dalam instruksi-instruksi matematis. Jika diperbesar, gambar vektor kualitasnya tetap. Aplikasi pengolah gambar vektor misalnya CorelDraw (CDR) dan Adobe Ilustrator (AI). Gambar vektor saat ini tidak dapat digunakan di web atau browser.

Demikian, sedikit bahan yang bisa teman" baca, kiranya bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kawan"
Salam Hangat, TimSes TIK
by: FYS aka BuAs dan FS aka KakMik

1 komentar:

Helsi Nadia Riani mengatakan...

Thanks youuu bu as kak mik ;;)

Poskan Komentar

Followers

Mengenai Saya

Simple Class with thousands of unique students inside
Diberdayakan oleh Blogger.

Find

Memuat...